Wakili Unsyiah, Mahasiswi FMIPA Juarai Debat Bahasa Inggris Wilayah

12-04-19 Al Mudatstsir Za (@yasierza) 0 comment

Wakili Unsyiah, Mahasiswi FMIPA Juarai Debat Bahasa Inggris Wilayah

Wakili Unsyiah, Mahasiswi FMIPA Juarai Debat Bahasa Inggris Wilayah

Mahasiswi Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengaharumkan nama Aceh di ajang Lomba Debat Bahasa Inggris yang di selenggarakan di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 8-10 April 2019. Tim yang terdiri dari Dini Satriana (mahasiswi jurusan Kimia FMIPA Unsyiah) dan Diva Rayyan Riski (mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsyiah) ini berhasil mendapatkan Juara I di ajang perlombaan National University Debating Championship (NUDC) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI XIII) Tahun 2019.

Unsyiah menjadi juara I terbaik Wilayah NUDC setelah mengalahkan 4 tim debater di babak grand final dari Universitas Al Muslim, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Universitas Malikussaleh (UNIMAL) dan Universitas Samudra (UNSAM). Dini Satriana, saat diwawawancarai pada hari Rabu,(10/4/20) menuturkan bahwa perlombaan ini dilakukan untuk menyeleksi tim-tim debat terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) yang ada dilingkungan LLDIKTI XIII.
“Enam tim terbaik akan menjadi delegasi LLDIKTI XIII di Lomba National University Debating Championship (NUDC) tingkat Nasional yang akan diadakan di Surabaya pada tanggal 14-19 Juli 2019”, lanjut Dini. Pada lomba ini setiap tim harus melalui 3 Preliminary Round. 16 team dengan Victory Point tertinggi dari setiap Preliminary Round akan melaju ke babak Quarterfinal Round. Selanjutnya 8 tim terbaik akan melaju ke Semifinal Round, dan 4 tim terbaik akan bertanding lagi di Final Round. Dini juga menuturkan bahwa pada setiap round, akan diberikan sebuah mosi yang akan diperdebatkan, dengan penilaian yang didasarkan pada Matter, Manner, dan Method. Berikut 6 tim terbaik yang akan menjadi delegasi NUDC tingkat Nasional yang akan diadakan di Surabaya pada tanggal 14-19 Juli 2019 : Juara 1: Unsyiah, Juara 2: Universitas Al Muslim, Juara 3: Politeknik Negeri Lhokseumawe, Juara harapan 1: Unimal, Juara harapan 2: Unsam, Juara harapan 3: STKIP BBG.

Selain NUDC, Dini Satriana juga pernah mengikuti dan memenangkan beberapa perlombaan debat seperti juara I ULF debat bahasa Indonesia, juara III Dakwah Expo debat bahasa Inggris, semifinalis Cimsa Debate Open 2018, semifinalis Aceh Debating League, Finalis Sumatera Overland Debate (SOVED) dan beberapa perlombaan debat lainnya.

 

Penulis :Nadia Septi / Miftahul Jannah