Profil Pimpinan Fakultas MIPA

Dekan – Prof. Dr. Teuku Iqbalsyah, S.Si., M.Sc.

Prof. Dr. Teuku Iqbalsyah, S.Si., M.Sc. adalah dosen senior bidang Biokimia di Fakultas MIPA. Beliau menerima gelar PhD di bidang Ilmu Biomolekuler dari University of Manchester, Inggris. Keahliannya adalah di bidang struktur protein. Beliau mengajar kursus terkait biokimia di tingkat sarjana dan pascasarjana, termasuk Biokimia, Teknologi Fermentasi, Metabolisme Energi, dan Teknik Biokimia.

Fokus penelitiannya saat ini adalah pada metabolit primer dan sekunder baru yang dihasilkan dari mikroorganisme termo-halofilik yang diisolasi secara lokal. Dia telah menulis dan ikut menulis beberapa makalah ilmiah internasional dan nasional.

Beliua terpilih kembali dipercayakan menjadi Dekan Fakultas MIPA untuk periode 2019-sekarang.

 

Wakil Dekan Bidang Akademik – Dr. Nasrullah Zaini, S.Si., M.Si., M.Sc.

Dr. Nasrullah Zaini, S.Si., M.Si., M.Sc. adalah staf pengajar di Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Syiah Kuala semenjak 1999. Beliau meraih gelar doktor dari Departemen Analisis Sistem Bumi, Fakultas Geo-Information Science and Earth Observation (ITC), Universitas of Twente, Belanda pada 4 Oktober 2018. Penelitiannya difokuskan pada karakterisasi, penentuan, dan pendugaan komposisi mineralogi dan kimia batuan karbonat dengan menggunakan pendekatan kombinasi spektroskopi inframerah, geokimia, dan citra hiperspektral berbasis laboratorium. Penelitian tersebut menghasilkan kerangka kerja alternatif untuk pengendalian kualitas kimia batuan karbonat yang dapat digunakan oleh industri semen. Beliau memiliki dua gelar master, satu di Fisika dari Institut Teknologi Bandung, Indonesia (2003) dan lainnya di Geo-Information Science and Earth Observation for Environmental Modeling and Management (GEM), Program Master Erasmus Mundus, gelar master bersama dari University of Southampton ( Inggris), Universitas Lund (Swedia), Universitas Warsawa (Polandia), dan Institut Internasional untuk Ilmu Informasi Geo dan Observasi Bumi (Belanda) (2009). Pada tahun 1997 beliau memperoleh gelar sarjana dari Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. Minat penelitiannya adalah eksplorasi batuan dan mineral, spektroskopi inframerah, pencitraan hiperspektral, geokimia, dan penerapan teknologi penginderaan jauh dan geo-informasi dalam geologi, sumber daya bumi, dan geo-hazard.

 

Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Kepegawaian – Nazaruddin, S.Si., M.Eng.Sc

Nazaruddin, S.Si., M.Eng.Sc memperoleh gelar Sarjana (S1) dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tahun 1996 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Jurusan Matematika (Jurusan Informatika). Kemudian beliau menjadi dosen tetap pada tahun 1997 di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 2006, beliau menamatkan Pendidikan magister dari Universiti Malaya, Malaysia, Jurusan Teknik Desain dan Manufaktur (Jurusan Matematika Terapan Ergonomi). Adapun pengalaman kerja beliau dimulai dari sebagai dosen, Kepala Lab. Numerik (1998-1999), Kepala Program Diploma (D3) Manajemen Informatika (2007-2012), dosen Jurusan Informatika (2010-sekarang), Kepala Lab. Jaringan Komputer (2010-2011), Kepala Lab. ICT, dan tugas tambahannya adalah sebagai Anggota Perencanaan dan Pengembangan Universitas (SP-4) tahun 2006 dan sebagai Ketua Tim tahun 2007-2012, dan sebagai Manajer Pengadaan Universitas Syiah Kuala (2013-2016). Sedangkan pengalaman kerja professional tambahan di luar universitas adalah sebagai sebagai Konsultan Vokasi (2006-2013) dengan GTZ/GIZ Jerman, dan sebagai Tenaga Ahli di Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh – LPSDM (2009-2012). Belaiu pernah juga menjabat sebagai Kepala ICT Center (2018-2019) dan sekarang sebagai Wakil Dekan bidang Administrasi dan Kepegawaian Fakultas MIPA.

 

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni – Dr.rer. nat Ilham Maulana, S.Si

Dr.rer. nat Ilham Maulana, S.Si saat ini menjadi salah satu dosen di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala. Beliau lulus dari fakultas tersebut untuk mendapatkan gelar sarjana dengan pujian (Cumlaude) pada tahun 1997. Pada tahun 2001, beliau berhasil memperoleh beasiswa dari pemerintah Jerman (DAAD) untuk melanjutkan studinya di Universitas Leipzig, Jerman. Setelah menyelesaikan pendidikan doktornya pada tahun 2005 (Magna Cumlaude), beliau kemudian mendaftar sebagai peneliti (Postdoctoral) di The Australian National University, Canberra Australia. Minat penelitiannya adalah kimia kompleks logam transisi.