Dekan Menyapa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semester Ganjil 2022/2023 telah dimulai. Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2022, dan Selamat datang kembali kepada seluruh mahasiswa angkatan lainnya.

Semester ini akan berlangsung mulai 15 Agustus  sampai dengan 12 Desember 2022. Setelah hampir lima semester sebagian besar pembelajaran dilaksanakan secara  daring, akhirnya semuanya berangsur-angsur akan dilaksanakan secara normal.

Kepada seluruh mahasiswa baru kami harapkan kalian secara cepat beradaptasi dengan suasana pembelajaran yang berbeda di perguruan tinggi. Mahasiswa harus lebih mandiri dan bertanggung jawab. Adaptasi di awal-awal mungkin akan menemui kendala karena pembelajaran di pendidikan menengah sangat terdampak akibat Pandemi Covid-19. Jangan khawatir, karena kami siap membantu melalui para dosen wali. Bersabarlah dan bekerja keraslah.

Kepada seluruh mahasiswa lama, kejarlah ketertinggalan akibat pandemi selama ini. Nikmati proses pendidikan yang sedang ditempuh. Kembangkan kemampuan kalian secara optimal melalui berbagai aktivitas kurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler.

Sejalan dengan kebijakan Kemdikbudristek tentang Merdeka Belajar Kampurs Merdeka, Fakultas MIPA telah merancang kurikulum untuk mengadopsi kebijakan ini. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk melaksanakan berbagai aktivitas di luar kampus, seperti Pertukaran Mahasiswa, Magang Industri, Proyek Desa, Kampus Mengajar dll. Aktivitas dilakukan selama satu semester penuh untuk mendapatkan pengakuan 20 sks. Sebagian besar aktivitas ditawarkan oleh Kementerian dan Universitas dengan bantuan pembiayaan. Karena itu, selalu monitor informasinya dan diskusikan dengan dosen wali jika para mahasiswa berminat.

Kepada seluruh dosen, kami mohon untuk mengawal pelaksanaan perkuliahan dan praktikum dengan sebaik-baiknya. Gap capaian proses pendidikan yang terjadi selama pandemi kita kurangi semaksimal mungkin untuk mengejar ketertinggalan penguasaan kompetensi mahasiswa. Praktikum direncanakan berlangsung secara normal. Pelaksanaan penelitian juga akan diupayakan kembali normal sehingga masa penyelesaian Tugas Akhir dan Tesis dapat lebih diperpendek.

Akhirnya mari kita berdoa agar pelaksanaan semester Ganjil 2022/2023 berlangsung sesuai rencana. Enjoy the new semester… Salam sehat selalu.

Wassalam,

Prof. Dr. Teuku M. Iqbalsyah