Dekan Menyapa

Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 telah tiba. Setelah hampir dua semester sebelumnya kuliah dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19, Fakultas MIPA memulai kembali kuliah secara tatap muka secara terbatas. Mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 akan mengikuti kuliah secara luring di kampus. Mahasiswa angkatan lainnya dan mahasiswa pascasarjana tetap melakukan kuliah secara daring. Perkuliahan tatap muka bagi mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 dilaksanakan secara hibrid, dimana sebagian mahasiswa pada kelas yang sama mengikuti perkuliahan di kampus dan sebagian lagi berada di kediaman masing-masing. Hal ini dilakukan bergiliran setiap minggunya. Praktikum akan dilaksanakan dalam kelompok kecil dengan jumlah modul dikurangi.

Di tengah kondisi dimana pandemi yang belum juga berakhir, Fakultas MIPA terpaksa masih menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.  Pembatasan yang diberlakukan tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi semua pihak. Kami sangat menghargai pengertian dari semua pihak untuk memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh civitas akademika sebagai hal yang terpenting. Kami juga berharap seluruh dosen, tendik dan mahasiswa ikut menjadi duta pencegahan penyebaran Covid-19, baik di kampus maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Perkuliahan semester Ganjil dimulai tanggal 15 Februari 2021 dan akan berlangsung sampai dengan 10 Juni 2021. Ujian akhir akan dilaksanakan setelahnya. Semester kali ini akan diselingi oleh libur Idul Fitri, libur bersama dan beberapa libur nasional. Karena itu para dosen diharapkan menyusun RPS mata kuliah dengan seksama. Pandemi ini telah memaksa kita untuk lebih menguasai teknologi pembelajaran. Kami berharap seluruh dosen terus mengembangkan diri untuk memberikan yang terbaik kepada mahasiswa kita.

Kami akan mengevaluasi kondisi pandemi ini dengan seksama. Jika mereda sampai pertengahan semester, maka secara perlahan mahasiswa pascasarjana akan diperkenankan melaksanakan kuliah secara luring. Mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir atau tesis tetap dapat melaksanaka penelitian di laboratorium, namun setelah mendapatkan izin. Pelaksanaannya harus menerapakan protokol kesehatan.

Sebagai penutup, mari kita berdoa agar pandemi Covid-19 ini bisa berakhir dengan cepat sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan seperti pada kondisi normal. Mari tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 untuk keselamatan bersama.

Enjoy the new semester… Tetap semangat dan sehat selalu.

 

Wassalam,

 

Dr. Teuku M. Iqbalsyah