The Faculty of Mathematics and Natural Sciences » Unsyiah Tuan Rumah KKN Kebangsaan 2013


Unsyiah Tuan Rumah KKN Kebangsaan 2013

Wednesday, 06 Mar 2013


Universitas Syiah Kuala yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) PTN wilayah Barat bersama 20 Perguruan Tinggi Negeri lainnya ditunjuk sebagai tuan rumah KKN bersama tahun 2013. Keputusan itu diketahui pasca pertemuan tahunan BKS PTN yang berakhir Jumat (1/3) pekan lalu di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Dalam forum tersebut dilakukan juga evaluasi terhadap pelaksanaan KKN bersama tahun 2012 lalu yang berlangsung di Bengkulu. Forum sepakat bahwa KKN bersama sangat bermanfaat dalam membangun rasa kebangsaan mahasiswa peserta KKN.

Ketua Bapel KKN Unsyiah Dr. Mustanir, M.Sc yang ikut dalam pertemuan itu, menyebutkan bahwa KKN tersebut nantinya diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 2000 mahasiswa dari 20 PTN wilayah barat dan bakal ditempatkan di 8 kecamatan yang ada di Aceh Besar. Waktu pelaksanaannya 24 Juni – 25 Juli 2013.

KKN yang selanjutnya diberi nama KKN kebangsaan itu, lanjut Mustanir, nantinya diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran budaya (cross cultural) antar anak bangsa. Disamping itu, mereka diharapkan dapat mengimplementasikan ilmunya dalam masyarakat.

KKN bersama ini sebelumnya diadakan di Universitas Andalas, Padang (2011) dan Universitas Bengkulu (2012). “Khusus untuk Aceh, ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan kepada mahasiswa luar bahwa kita adalah bangsa yang santun, ramah dan berbudaya. Sekaligus untuk memupus anggapan bahwa Aceh masih belum aman,” pungkas Mustanir. (zul)






View stats