Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam » Siswa Fatih Raih Emas OSN


e sigara - Royal honey

Siswa Fatih Raih Emas OSN

Wednesday, 10 Sep 2014


OSN

BANDA ACEH – Siswa Fatih Bilingual School (FBS) Putra Banda Aceh, Wira Abdillah Siregar meraih medali emas di bidang komputer tingkat SMA pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Hotel Lombok Raya, Nusa Tenggara Barat, 3-4 September. Medali itu diserahkan Menteri Pendidikan RI, Muhammad Nuh di hotel yang sama, Sabtu (6/9).

Menurut Wira, dalam menyelesaikan tiap soal tersebut harus dibutuhkan ketelitian, fokus, dan mengerti soal-soalnya. “Soal-soalnya sulit untuk dijawab tentang pemograman, misalnya berupa soal tentang pemecahan masalah dalam bentuk program matematika dan lain-lain, serta dibutuhkan logika dalam menjawabnya,” ujar Wira kepada Serambi, Selasa (9/9).

Ia mengatakan dalam lomba dua hari itu, setiap sehari peserta menyelesaikan empat soal dalam waktu lima jam. Untuk mengikuti olimpiade itu, Wira mengatakan dirinya sudah mempersiapkan diri dua bulan dengan dibantu guru di sekolah dan tim dosen Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh.

“Pada OSN tahun sebelumnya saya memperoleh perunggu, maka pada OSN tahun ini saya berkeinginan untuk memperoleh emas. Alhamdulillah tercapai dan sama sekali tidak menduga sebelumnya,” ujarnya tersenyum bahagia.

Wira mengatakan untuk bidang diikutinya ada lima peserta memperoleh medali emas, sepuluh perak, dan 15 perunggu. “Saya ada di posisi kelima yang memperoleh emas, sedangkan lainnya adalah dua dari Surabaya, satu orang dari Botang, Kalimantan Timur, dan seorang lagi dari Jakarta,” sebutnya.

Selain Wira, juga ada enam siswa FBS lainnya yang mengikuti OSN tersebut. Mereka adalah Mufti Al Ummam (Matematika), Muhammad Haikal (Kebumian), Muhamammad Abiyyu Ali Putra (Fisika), Imam Maulana (Biologi), dan dari FBS Putri yaitu Sinta Ayu Sakinah (Fisika), serta Agnia Purnama (Kimia).

Selain itu bidang yang diperlombakan dalam OSN 2014 ini berupa, bidang Fisika, Kimia, Informatika/komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi, dan Matematika. Tiap bidang perlombaan diikuti sekitar 95 peserta seluruh Indonesia.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com