Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam » Mahasiswa Baru Fakultas Mipa Unsyiah Wajib Ikut Pakarmaru


e sigara - Royal honey

Mahasiswa Baru Fakultas Mipa Unsyiah Wajib Ikut Pakarmaru

Wednesday, 24 Aug 2016


11905400_10153673341694175_5348267276058079619_nMahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang dinyatakan lulus dari semua jalur penerimaan mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) tahun 2016. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2016 di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, pengumuman mengenai PAKARMARU dapat dilihat di website Unsyiahwww.unsyiah.ac.id. Dari 12 fakultas yang ada di Unsyiah, setiap harinya ada empat fakultas yang akan mengikuti PAKARMARU. Pada hari pertama PAKARMARU akan diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, serta Fakultas Kelautan dan Perikanan. Pada hari kedua, giliran mahasiswa baru Fakultas Teknik, FMIPA, FISIP, dan FKG. Sedangkan hari terakhir PAKARMARU akan diikuti mahasiswa baru dari FKIP, Fakultas Kedokteran, FKH, dan Fakultas Keperawatan.

“Mahasiswa baru yang mengikuti Pakarmaru wajib mengenakan baju berwarna putih dengan celana atau rok berwarna hitam. Setiap peserta Pakarmaru akan diberikan sertifikat usai mengikuti kegiatan,” ujarnya.

Menurut Prof Samsul, bagi mahasiswa baru yang berada di luar Aceh atau yang jarak tempuhnya jauh dari Banda Aceh harap segera bergegas menuju ke Banda Aceh. Keikutsertaaan mahasiswa  baru dalam PAKARMARU menunjukkan keseriusan mereka untuk masuk ke kampus Unsyiah. bagi mahasiswa baru yang tidak mengikutinya akan diberikan sanksi yang berat dari pihak rektorat.

“Kegiatan PAKARMARU Unsyiah ini jauh dari bentuk perploncoan atau ospek. Ospek bentuknya cenderung merendahkan martabat mahasiswa baru sebagai penerus bangsa di masa mendatang. Sedangkan PAKARMARU lebih menekankan kepada pembinaan akademik dan karakter yang bersifat edukatif,” pungkasnya.

Rektor Unsyiah menekankan, dengan adanya PAKARMARU, maka segala kegiatan yang berbau ospek dilarang keras di Unsyiah. Bagi mahasiswa yang melanggarnya dapat dikenakan sanksi yang berat. Khususnya bagi mahasiswa lama dilarang menggelar kegiatan dalam bentuk apapun untuk penyambutan, pengerahan, dan pengumpulan mahasiswa baru. Sedangkan mahasiswa baru diingatkan agat tidak melayani permintaan untuk membayar atau memberi data, dokumen, atau pasfoto kepada mahasiswa lama atau Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dengan alasan, tujuan, bentuk, dan maksud apapun.

Sumber : Unsyiah.ac.id