Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam » Indofood Sediakan Dana Riset untuk Mahasiswa


e sigara - Royal honey

Indofood Sediakan Dana Riset untuk Mahasiswa

Thursday, 27 Apr 2017


unnamed

Sekitar 300 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Aceh dibekali proses kreatif menulis proposal penelitian dalam acara sosialisasi  program  Indofood  Riset Nugraha periode  2017-2018, Rabu (26/4). Acara yang berlangsung di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) itu diselenggarakan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Unsyiah serta Mahasiswa penerima beasiswa Karya Salemba Empat.

Dua pemateri yang dihadirkan merupakan pakar pangan Indonesia, yaitu Prof. Dr. F. G. Winarno, yang dikenal sebagai bapak teknologi pangan Indonesia, dan Prof. Dr. Bustanul Arifin. MS, guru besar Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Lampung. Satu lagi pemateri adalah Deni Puspahadi, selaku CSR Manager Corcomm Division PT Indofood.

Sosialisasi yang bertema Mencerdaskan Bangsa Melalui Kemandirian pangan Berbasis potensi  dari kearifan lokal ini dibuka oleh wakil dekan bidang akademik FMIPA, Dr. Zumaidar, M.Si. Dalam sambutannya, Zumaidar berharap bahwa kolaborasi antara industri seperti Indofood dan FMIPA sebagai institusi pendidikan tinggi dapat terus menguat dan mengarah kepada hal-hal yang positif di masa depan.

Sementara itu, Prof. Winarno memaparkan materi tentang memanen air hujan. Menurutnya, keadaan Indonesia sungguh ironis, karena negeri ini kadangkala dilanda banjir, namun kadangkala dilanda kekeringan. Hal itu menunjukkan bahwa potensi air hujan belum termanfaatkan.

Prof. Bustanul Arifin kemudian menjelaskan panjang lebar kiat-kiat menyusun proposal penelitian untuk didanai oleh pihak ketiga. Sementara itu Deni Puspahadi menjelaskan tentang kemungkinan pendanaan riset dari ide-ide yang inovatif tentang pangan berbasis lokal melalui program Indofood Riset Nugraha.  (BNS)