Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam » D-III FMIPA Unsyiah Buka Jalur Masuk Afirmasi


e sigara - Royal honey

D-III FMIPA Unsyiah Buka Jalur Masuk Afirmasi

Thursday, 21 Jul 2016


Program Studi (Prodi) Diploma III Manajemen Informatika (DIII MI) dan Program Studi Diploma III Teknik Elektronika (DIII TE) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menawarkan jalur masuk afirmasi untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2016. Jalur masuk ini merupakan jalur khusus undangan tanpa test dengan syarat-syarat tertentu. Hal ini disebutkan oleh Dekan FMIPA, Dr. T. M. Iqbalsyah di Banda Aceh, kemarin (Rabu, 20/7).

Sebanyak 40 mahasiswa baru DIII TE dan 80 mahasiswa baru DIII MI akan diterima melalui berbagai jalur masuk tahun ini. Sebanyak 20 orang dari jumlah yang akan diterima di Prodi D-III TE dan 24 orang dari mahasiswa baru D-III MI akan diterima melalui jalur afirmasi. Sementara sisanya akan diterima melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dan Ujian Mandiri Diploma.

Iqbalsyah mengungkapkan bahwa jalur afirmasi ini dibuka untuk menjawab minat para lulusan SMA/MA/SMK yang memang berhasrat untuk masuk ke kedua prodi DIII di FMIPA ini. Paling tidak, jalur ini dibuat untuk menjawab permintaan masyarakat yang juga menginginkan masuknya Prodi DIII dalam jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Oleh karena itu, salah satu dokumen yang harus dimasukkan untuk mendaftar pada jalur ini adalah penjelasan tertulis tentang minat masuk ke prodi tersebut.

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendaftar pada program ini adalah nilai rapor di atas KKM dalam tiga semester terakhir, serta mendapatkan rekomendasi dari wali kelas atau kepala sekolah. Selain itu, peserta yang memiliki prestasi tertentu dalam bidang sains, olah raga, seni, MTQ dan sebagainya, akan diprioritaskan untuk diterima melalui jalur ini.

Menurut Iqbalsyah, kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan kedua prodi diploma di FMIPA ini masih cukup tinggi, terbukti dari tingginya serapan dunia kerja terhadap alumni. Sebagian besar alumni kedua prodi ini bahkan telah bekerja di beberapa instansi dan perusahaan, serta menjadi wirausahawan di berbagai kota di Indonesia. (i’m)

“Informasi lengkap tentang jalur masuk afirmasi Klik Disini

 

Sumber : Dr. Ilham Maulana