Program Magister Fisika

Akreditasi : B

No Sk : 1408/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2016

Website : http://fisika.unsyiah.ac.id/mfis/

Program Studi Magister Fisika (MFIS), Universitas Syiah Kuala secara resmi berdiri pada tanggal 30 September 2013 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 469/E/O/2013 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Magister Fisika Universitas Syiah Kuala. Proses pendirian ini dilakukan dengan semangat kebersamaan antara pimpinan universitas, pimpinan jurusan fisika, staf akademik, dan tenaga kependidikan. Pendirian program studi Magister Fisika dilakukan guna memenuhi tuntutan akan kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam mengelola, mengolah, dan memanfaatkan segenap potensi sumberdaya yang ada demi terwujudnya Indonesia yang mandiri dan sejahtera.

Kurikulum program studi merupakan titik sentral yang menentukan kompetensi dan kualitas lulusan, karena kurikulum yang diterapkan akan mempengaruhi proses transfer ilmu pengetahuan yang sesuai tuntutan. Untuk kelancaran proses perkuliahan dan tercapainya kompetensi lulusan sebagaimana yang telah ditetapkan, maka dibutuhkan sebuah kurikulum yang menjadi acuan pelaksanaan proses belajar mengajar. Paradigma Kurikukum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menggantikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dari Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, menuntut adanya penguatan implementasi berbagai bidang ilmu yang terintegrasi. Oleh kerena itu, diperlukan pemahaman dan masukan bersama dari para pemangku kepentingan sehingga program studi mampu menetapkan sebuah kurikulum yang baik berdasarkan profil lulusan yang diharapkan.

Selain KKNI sebagai isu sentral pengembangan kurikulum saat ini, program studi perlu menyusun rencana program dan kegiatan yang bersinergi dengan upaya pencapaian akreditasi program studi. Program Studi Magister Fisika Universitas Syiah Kuala terfokus pada pengembangan 4 (empat) bidang minat/kajian, yaitu bidang minat Ilmu Fisika, Fisika Material, Geofisika, dan Optika. Pengembangn ke empat bidang minat tersebut didasarkan pada potensi sumber daya manusia yang dimiliki serta memenuhi keinginan semua pihak akan kebutuhan lulusan S2 yang memiliki kompetensi maksimal dalam mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam lokal secara bijak. Atas dasar pemikiran tersebut, maka disusunlah kurikulum ini. Semoga kurikulum ini dapat memenuhi harapan semua pihak.

Visi

Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu fisika berbasis potensi lokal yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Magister Fiska yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, inovatif, serta berjiwa kewirausahaan.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang fisika yang berguna menunjang pembangunan nasional.
  • Berperan aktif dalam berbagai kegiatan dalam usaha pemanfaatan potensi lokal secara arif guna meningkatkan kesejahteraan manusia sebagai bagian integrasi dari masyarakat, pemerintah, kalangan industri, dan dunia usaha.

Tujuan

  • Menghasilkan ilmuwan yang memiliki wawasan keilmuan yang baik, serta memiliki moral dan etika.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam penguasaan, penerapan, dan pengembangan ilmu Fisika sesuai dengan bidang minat yang ditekuni.
  • Memfasilitasi terciptanya perubahan pada masyarakat yang lebih baik melalui penelitian dan pengabdian yang bertumpu pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam lokal sebagai kontribusi bagi pembangunan nasional.
  • Memberikan pelayanan profesi pada bidang fisika guna meningkatkan penguasaan dan pengembangan ilmu fisika.