FMIPA Unsyiah Berburu Para Juara Lomba di SNMPTN

20-02-18 Al Mudatstsir Za (@yasierza) 0 comment

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun ini akan memberi prioritas khusus kepada para lulusan SMU/MA/SMK yang pernah menjadi juara di lomba atau ajang apa saja, untuk diterima sebagai mahasiswa baru di fakultas itu. Kebijakan tersebut akan diberlakukan pada jalur penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Demikian diungkapkan oleh dekan FMIPA, Dr TM Iqbalsyah M Sc di Banda Aceh, Minggu (18/2).

Jalur SNMPTN merupakan jalur yang mengakomodir prestasi ekstra kurikuler siswa sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kelulusan mereka di perguruan tinggi negeri. Oleh karena itu, para juara ini, dapat menembus program-program studi favorit meskipun prestasi mereka secara akademik tidak begitu baik. Dua di antara prodi favorit para calon mahasiswa dalam setiap jalur penerimaan berada di bawah fakultas MIPA, yaitu prodi Informatika dan Prodi Farmasi. Keduanya termasuk dalam lima program studi favorit pilihan para calon mahasiswa.

Beberapa prestasi yang diakomodir untuk skema ini adalah juara olimpiade bidang pelajaran tertentu, juara debat bahasa inggris, juara olah raga, juara MTQ serta penghapal Al-Quran, serta berbagai juara perlombaan lainnya.

“Kami berharap, melalui skema ini, akan ada beberapa atlit olah raga, penghapal Al-Quran, atau para juara ajang-ajang lainnya yang masuk ke fakultas MIPA,” kata Iqbalsyah.

Menurutnya, meskipun para juara non-akademik ini kadang tidak terlalu memperlihatkan prestaasi yang menonjol di bidang akademik, namun sesungguhnya prestasi yang mereka raih menunjukkan bahwa mereka memiliki potensi untuk bersungguh-sungguh dan fokus di bidang tertentu. Dan hal itu sebenarnya merupakan modal utama untuk menekuni salah satu dari bidang MIPA.(im)