FMIPA Unsyiah Gaet OJK Sosialisasikan Aktuaris

02-05-17 Al Mudatstsir Za (@yasierza) 0 comment

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggaet Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mensosialisasikan profesi aktuaris. Acara yang dikemas dalam bentuk seminar ini berlangsung di The Pade Hotel, Lampeuneurut, Aceh Besar pada Kamis (27/4). Seminar ini diikuti oleh sekitar 150 orang, di antaranya berasal dari perwakilan siswa SMA se-Kota Banda Aceh, mahasiswa dan dosen Matematika dan Statistika FMIPA Unsyiah, perwakilan OJK, dan perwakilan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Seminar yang dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Unsyiah, Dr Teuku M Iqbalsyah MSc, ini menampilkan empat narasumber nasional, yaitu Asep Suwondo dari OJK, Rianto Ahmadi dan Vincentius Wilianto dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), serta William Duggan dari READI Kanada.

Dekan FMIPA dalam sambutannya berharap bahwa lulusan FMIPA nantinya dapat menjadikan profesi aktuaris ini sebagai salah satu bidang pekerjaan setelah lulus. Mengingat bidang ilmu matematika dan statistika merupakan salah satu dasar pijak profesi tersebut. Sementara itu, Ketua Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah, Nurmaulidar MSc, menyebutkan bahwa seminar yang diselenggarakan melalui program mencetak 1000 aktuaris ini bertujuan untuk mensosialisasikan profesi aktuaris yang masih sangat sedikit di Indonesia, yaitu baru sekitar 465 orang per September 2016.

“Indonesia membutuhkan 1.667 aktuaris untuk saat ini. Lulusan Matematika FMIPA dapat bekerja sebagai aktuaris dengan mengambil ujian yang dilaksanakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI),” kata Nurmaulidar.

Program Studi Matematika di FMIPA Unsyiah merupakan salah satu Program Studi yang telah berakreditasi A sejak lama, sementara Program Studi Statistika merupakan salah satu program studi termuda di FMIPA Unsyiah, namun telah berakreditasi B sejak tahun ini. (i’m)

Sumber

Dr. Ilham Maulana

Wakil Dekan III FMIPA Unsyiah